Jejak-jejak Analisis

Menjadikan sesuatu menjadi kesatuan yang bergerak secara utuh tentu saja terdiri dari berbagai macam hal yang berbeda namun satu jua (layaknya semboyan Bhinekka Tunggal Ika). Untuk melihat akan isi dalamnya bagaikan melihat jejak-jejak untuk menemukan keseluruhannya.

Mengambil contoh sederhana seperti keyboard yang digunakan yang bertujuan untuk mengetik tulisan ini, terdiri dari berbagai macam tombol yang menggambarkan tiap huruf tersendiri dan berbeda dengan yang lainnya. Andaikata semua tombol di keyboard ini sama maka tidak akan jadi tulisan seperti ini, malah hanya tampak satu huruf saja dan tentu jadi tidak bermakna apapun.

Keyboard ini diumpamakan seperti sistem. Sistem yang bertujuan untuk menginput kata-kata yang ingin kita masukkan ke dalam komputer. Sederhananya demikian. Nah, sistem keyboard ini terdiri dari berbagai macam hal yang berbeda namun memiliki fungsi yang sama, yaitu huruf-huruf pada tombol-tombol yang berbeda yang merepresentasikan alphabet.

Ini merupakan perumpamaan yang dapat saya ungkapkan setelah mengikuti pembelajaran tentang analisis sistem yang dibawakan Pak Sofyan, salah satu dosen dan beliau juga merupakan ketua dari STMIK Kharisma Makassar. Pada proes pembelajarannya, beliau memberikan contoh gunting yang terdiri dari komponen yang berbeda seperti pemotong dan pegangannya (secara sederhana). Andaikata gunting tersebut terdiri dari pemotong semua, bagaimana mungkin kita dapat menggunakan gunting tersebut tanpa memotong (mengiris) dan melukai diri kita sendiri, sama halnya bila gunting tersebut terdiri dari pegangan semua, lalu bagaimana cara kita memotong benda yang ingin digunting? Nah, dari penjelasan beliau yang sederhana mengenai gunting ini, saya mulai lebih memahami tentang sistem dan cara menganalisisnya.

Namun, tentang bagaimana unsur-unsur atau elemen secara lebih dalam dilihat, bagaimana analisis nya dapat dilakukan secara maksimal akan sistem tersebut, hal ini masih harus diasah lebih lanjut dengan pola pikir yang lebih terbuka dan terfokus. Terbuka untuk melihat dari segala sisi dan terfokus untuk tetap pada sistem tersebut dan tidak beralih ke hal lainnya. Dan tentu saja saya berharap Pak Sofyan dapat membantu kami semua untuk bagaimana cara menganalisis yang lebih maksimal lagi.

Mengenai hal lebih lanjut dan lebih dalam, masih harus saya telusuri lebih lanjut dan mengikuti pertemuan berikutnya. Hubungan antara analisis sistem dengan sistem informasi yang merupakan pokok utama dari studi saya ini.

Menurut saya, keterkaitan antara kedua hal itu tentu saja dekat karena dengan analisis yang baik maka sistem informasi yang ada akan menghasilkan informasi yang maksimal, namun apakah hal ini benar...

to be continued...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar