Software bukan Perangkat Lunak?

Hal pertama yang terlintas ketika mendengar dan ditanya apa itu software, sebagian besar pasti menjawab perangkat lunak. Kita tidak memperoleh pemikiran lain bagaimana menjelaskannya, padahal bila menjawab software adalah perangkat lunak, sama saja dengan menjawan senin adalah Monday. Lalu sebenarnya apa itu software kalau dia bukan perangkat lunak jawabannya?

Software adalah kumpulan dari elemen yang berkesinambungan: program, data
dan dokumen.

Salah satu karakterisik dari software yang paling berkesan adalah:
Software is like an aging factory.

Software pun mengalami penuaan, dan bila telah sampai kepada tahap penuaan tingkat tinggi seperti pabrik yang sudah tua dan tidak dapat berfungsi lagi, software tersebut tentu saja tidak akan digunakan lagi. Software mengalami penuaan artinya sudah tidak up to date lagi dan sudah tidak compatible dengan mesin yang ada dan kebutuhan dari konsumen, sehingga software tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Sama seperti kulit manusia yang sedikit demi sedikit mengalami penuaan dan keriput, demikian pula software yang sedikit demi sedikit akan ketinggalan zaman. Bila keriput pada manusia diakibatkan dari faktor makanan atau kurangnya vitamin dan nutrisi pada kulit, software mengalami penuaan dikarenakan faktor perkembangan zaman dan software yang terus berkembang dan diperbarui serta kesalahan dan kekurangan pada software yang telah ada tersebut, ini mengakibatkan software tersebut akan ditinggalkan alias mengalami penuaan.

Sadar atau tidak, kita mengetahui banyak macam software hanya saja tidak menyadarinya, macam-macam software dan contohnya:
  • Sistem software untuk melayani software lain, seperti anti virus, windows, winRAR, winZip
  • Real time software, mengolah data yang dihasilkan pada waktu saat itu juga, seperti chatting, messenger, mesin ATM
  • Business software, digunakan untuk program bisnis, seperti software perusahaan untuk menghitung stok,  profit dan loss
  • Embedded software, software yang dimasukkan pada perangkat keras seperti jam tangan dan AC
  • PC Software, seperti Microsoft Word, MP3 Player, Corel Draw
  • Al Software. digunakan untuk memprediksi seperti software penghitungan dan pencengahan bencana alam
  • Web application, software yang didukung internet dalam penggunaannya, seperti wiki, webmail
Nah, yang saya masih belum tahu dan pasti, game merupakan software dan termasuk golongan apa? Seperti salah satu game saya yaitu The Sims 3, game tersebut digunakan pada PC namun pada waktu bermainnya juga bisa menggunakan dukungan internet, selain itu ada fitur prediksi pada saat bermain gamenya, sims didalamnya dapat diprediksi keinginan dan dapat memiliki keinginan sendiri. Lalu seperti game Business Tycoon, termasuk business software, PC software, Al software atau bukan? Dikarenakan dalam gamenya, kita dapat bermain layaknya pengusaha yang nyata dan dapat melihat keuntungan serta dapat memprediksi kerugian perusahaan.


Software proses
Salah satu contohnya ialah teknik Waterfall :
Tahapan yang dilakukan oleh System engineering
Gambar dari: Google
 
untuk kelanjutan dari waterfall proses...
to be continued...

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar