Data + Informasi + Knowledge = Sistem Informasi

Ketiga hal tersebut: data, informasi dan knowledge, tidak akan pernah lepas dari sistem informasi. Nah, untuk memahaminya secara lebih lanjut, proses pembelajarannya menggunakan cara BINGO. Salah satu cara unik untuk memahami materi yang diajarkan, dikarenakan biasanya bingo dimainkan ketika sedang bosan dalam suatu pelajaran *ups. Bingo kali ini berisi dengan istilah-istilah pada sistem informasi, bukan angka-angka seperti permainan pada biasanya. Namun, sayang sekali saya tidak mengikuti bermain bingo ini, padahal saya juga ingin mencobanya. Terlepas dari bingo, kembali ke pokok pembahasan yaitu sistem informasi.

Menurut saya, sistem informasi adalah kumpulan dari elemen yang saling terkait, bekerja sama dan berhubungan untuk menghasilkan suatu informasi yang bermanfaat pada waktu tertentu.

Sebenarnya apa itu sistem informasi?

Sistem informasi adalah suatu kumpulan dari komponen-komponen dalam perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengumpulan, penyimpanan, pengolahan dan distribusi informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, pengendalian, analisis dan visualisasi dalam organisasi.

Ketiga hal yang disebutkan diatas, sebenarnya siapakah mereka?
  • Data ialah kumpulan fakta-fakta dasar yang merepresentasikan nilai, kuantitas, konsep dan jumlah dalam kegiatan bisnis. Data akan bermanfaat jika dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna. Contoh sederhananya ialah ketika melihat level bensin di samping speedometer motor ataupun mobil, berapa level bensin yang masih tersedia merupakan data yang akan menghasilkan informasi apakah pemilik sudah harus mengisi bensin ataupun belum.
  • Informasi adalah kumpulan data (fakta) yang telah diolah/diproses dan disimpulkan sehingga menghasilkan fakta yang memiliki nilai tambah.
  • Knowledge atau pengetahuan adalah dapat memahami informasi yang diperoleh dari pengalaman/ studi dan menghasilkan kemampuan untuk melakukan kegiatan yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Terdapat beberapa unit dalam IS Model yang saling bekerja sama untuk mengolah data menjadi informasi, yaitu sebagai berikut :
  • Data Resouces
Berbicara tentang bagaimana suatu sumber data dihimpun, diformat, disimpan dan dientri sehingga dapat mengetahui apa saja yang dapat dihasilkan, serta bagaimana caranya sehingga dapat menjadi data yang baru.
  • Hardware Resources
Teknik pemasukan data yang didukung oleh Hardware (perangkat keras). Hal-hal yang harus diperhatikan yaitu datanya diinput menggunakan apa, kecepatan olah data berapa, bagaimana bentuk output, bagaimana karakteristik prosesor, memori dan penyimpanan (Harddisk).
  • Software Resources
Sub sistem perangkat lunak yang memungkinkan sebuah komputer bisa bekerja dengan program yang ada untuk mengolah data sehingga bisa menghasilkan informasi. Software merupakan faktor pendukung bagi Hardware untuk menghasilkan suatu informasi, jadi apabila tidak ada Hardware, Software pun tidak dapat bekerja begitupun sebaliknya.
  • People Resources
Berkaitan dengan kemampuan pengguna / user untuk mengoperasikan Software dan Hardware. Softwarenya pun harus disesuaikan dengan data yang akan diolah. Hal-hal yang harus diperhatikan yaitu siapa yang menggunakan, berapa banyak yang menggunakan dan latar belakang penggunanya karena faktor-faktor tersebut sangat berpengaruh pada informasi yang akan dihasilkan.
  • Network Resources
Berkaitan dengan jaringan komputer, media komunikasi dan dukungan jaringan untuk distribusi informasi yang berbasis web. Faktor-faktor pendukung lainnya seperti Hardware, Software dan People harus berjalan dengan baik pula agar pada unit ini, informasi yang dihasilkan dapat berguna bagi user.



Input : Dilakukan oleh People, pada Hardware, menggunakan Software dan melalui Network.

Processing : Dilakukan pada Hardware, menggunakan Software, dioperasikan oleh People, Lintas Jaringan (yang diolah adalah data).

Output : Dihasilkan oleh Software pada Hardware yang menggunakan jaringan, kemudian memproses data dan akan kembali menjadi data yang dapat diolah lagi.

Sistem Control : Memantau apakah Hardware, Software, Network, dan People bekerja dengan benar, inputnya benar dan proses yang dilakukan benar agar dapat diproses dengan baik sehingga menghasilkan informasi yang benar dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Storage : Merupakan tempat penyimpanan data, dimana data dapat diinput, diproses, diolah, serta dapat diakses melalui web. Dapat juga berfungsi sebagai cadangan data misalnya dengan dibackup/ diduplikasi kedalam Harddisk.

Management Level 
 Tebagi atas 3 level, yaitu : 
  • Level Operasional : Menerima data kemudian diolah, berhubungan dengan pencatatan traksaksi, aktivitas harian staf dan dukungan produksi.
  • Level Taktis : Mendapatkan informasi dari level Operasional, befungsi sebagai Middle Management yang memiliki kebijakan-kebijakan dalam mendukung tujuan jangka pendek dan aplikasi resouce.
  • Level Strategis : Informasi dari level Taktis akan dijadikan knowledge/ pengetahuan di bagian Strategis sehingga mampu menghasilkan strategi-strategi yang mendukung tujuan jangka panjang organisasi.
Pengertian sistem informasi dan IS Model serta management level telah dibahas, setelah ini kelanjutannya apa ya...

to be continued...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar